PAS: Program 1

Sosialisasi (Gerakan Jumat Tolak Suap)

Ada indikasi bahwa lemahnya kesadaran etika profesi dalam hal suap dan korupsi terjadi karena masyarakat tidak mempunyai gambaran jelas tentang apa yang bisa dianggap sebagai korupsi. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah memberikan penerangan yang lebih luas kepada publik mengenai praktek-praktek korupsi melalui sektor pendidikan dan agama.
Shalat Jumat di mesjid, perkantoran, rumah sakit, dsb, merupakan tempat yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan anti korupsi dengan pendekatan religi. Sosialisasi ini akan dilakukan secara kontinyu, misalnya 1 bulan sekali, dimana setiap penceramah diharapkan memasukkan pesan etika professional dalam hal korupsi dengan contoh yang jelas dan nyata. Di dalam kesempatan tsb, akan dibagikan pula booklet kecil (1/4 folio) yang berisikan ceramah dari tokoh Islam mengenai suap dan korupsi serta dilengkapi dengan stiker logo PAS. Diharapkan masyarakat yang setuju dengan gerakan ini, akan menempel stiker tersebut di tempat bisnis ataupun kendaraan mereka.
Untuk itu PAS akan berusaha untuk mendekati dan mengajak penyelenggara dan khatib shalat jum’at untuk berpartisipasi dalam mensukseskan gerakan ini. Bila semua shalat jum’at secara serempak mengkampanyekan secara tegas dan jelas secara terus menerus mengenai bentuk dan akibat korupsi, diharapkan akan tercipta budaya malu untuk menerima pelicin / suap ataupun melakukan korupsi di masyarakat , khususnya di kalangan professional.

at 2:13 PM  

0 comments:

Post a Comment