PAS: Contoh Kasus 2

Contoh etika bisnis BHPBiliton ( dikutip dari Buku Pedoman mengenai Perilaku Bisnis BHPBilton)

Bab Perjalanan, Jamuan dan Hadiah

Para karyawan harus ekstra hati-hati dalam memberikan atau menerima hadiah yang terkait dengan bisnis. Hal ini berlaku terhadap pembayaran langsung dan pembayaran dalam bentuk natura, termasuk pemberian barang dan jasa, kebaikan hati yang bersifat pribadi, serta jamuan (misalnya makan, perjalanan, dsb.). Setiap tawaran berupa perjalanan dan/atau akomodasi gratis harus ditolak. Kalau ada kepentingan bisnis yang sah yang harus dihadiri, maka BHP Billiton akan menanggung biaya perjalanan dan/atau akomodasi. Menerima atau menawarkan hadiah yang bernilai wajar dapat diterima dalam situasi-situasi di mana hal tersebut dianggap legal dan sesuai dengan praktek bisnis setempat (yakni di mana saling bertukar hadiah merupakan kebiasaan dan hadiah tersebut cocok dengan situasi yang bersangkutan). Meskipun demikian, para karyawan dilarang memberikan atau menerima hadiah apapun dalam keadaan yang dapat dianggap sebagai mempengaruhi si penerima secara berlebihan atau menciptakan kewajiban bisnis di pihak si penerima. Kalau ada keragu-raguan, situasi tersebut harus dibicarakan dengan manajemen. Para karyawan harus berhati-hati terhadap tawaran yang bernilai, termasuk keramah-tamahan, jamuan dan hadiah sewaktu Perusahaan sedang bernegosiasi atau mempertimbangkan kontrak-kontrak dan mereka berada dalam posisi mempengaruhi hasil suatu keputusan, baik langsung maupun tidak langsung. Usahakan untuk tidak memberikan kesan bahwa kita mencurigai adanya hubungan yang tidak wajar antara hadiah atau keramah-tamahan dan kesempatan bisnis. Yang terpenting adalah keterbukaan. Memastikan bahwa supervisor Anda mengetahui tentang semua hadiah itu akan menjamin adanya keterbukaan dan menghindari prasangka mengenai adanya pertentangan kepentingan.
Benda-benda berikut ini tidak boleh diberikan atau diterima dalam keadaan apapun, berapapun nilainya: uang tunai atau cek pribadi; narkoba atau zat-zat yang dikontrol lainnya; potongan harga produk atau jasa yang tidak dapat diperoleh semua karyawan; penggunaan akomodasi atau transportasi secara pribadi; dan pembayaran atau pinjaman yang akan digunakan untuk membeli barang pribadi. Dalam keadaan apapun, karyawan tidak boleh meminta hadiah dalam bentuk apapun dari pemasok, pelanggan atau pihak lain yang menjadi rekanan bisnis BHP Billiton. Selain itu, karyawan tidak boleh saling bertukar hadiah dengan para wakil pesaing BHP Billiton, karena memberi atau menerima hadiah semacam itu bisa menimbulkan pertentangan kepentingan, baik secara nyata maupun berupa dugaan. Kebijakan ini juga berlaku bagi anggota keluarga dekat dan agen atau pihak ketiga yang ditunjuk untuk mewakili Perusahaan. .

T(anya) Ada kalanya kontraktor menawarkan untuk membiayai perjalanan saya ke luar negeri untuk menghadiri rapat dan melakukan inspeksi. Karena hal ini terjadi setelah kontrak ditandatangani dan uang tersebut lebih berkaitan dengan perjalanan bisnis daripada perjalanan pribadi, apakah hal itu masalah?
J(awab) Semua biaya perjalanan yang berkaitan dengan bisnis harus ditanggung oleh BHP Billiton. Anda tidak boleh menerima tawaran kontraktor atau pihak lain yang akan menanggung biaya perjalanan yang berkaitan dengan pelaksanaan bisnis BHP Billiton. Selain itu, perjalanan dan akomodasi harus sejalan dengan kebijakan Perusahaan dan menggunakan biro-biro yang telah dikontrak. Semua perjalanan udara yang dilakukan oleh karyawan BHP Billiton harus sesuai dengan Kebijakan Penerbangan, Pedoman Perusahaan Penerbangan dan Standar Carter.

TSaya telah menerima hadiah dari pelanggan, tetapi saya tidak tahu harganya. Bagaimana saya mengetahui kalau saya perlu memberitahukannya kepada supervisor saya?
JAnda tidak perlu memberitahukan hadiah yang kecil, kecuali kalau bisa membuat orang lain menganggap hal itu dapat mempengaruhi keputusan bisnis Anda. Anda harus menggunakan penilaian terbaik Anda untuk memperkirakan nilai hadiah yang Anda terima tersebut dan perlu-tidaknya memberitahukan masalah itu kepada supervisor atau manajer Anda. Kalau ragu, jangan segan untuk memberitahukannya. Contoh-contoh berikut ini mungkin bisa membantu:
• Ditraktir makan oleh pelanggan atau pemasok setelah konferensi bisnis bisa diterima, selama hal itu tidak berlebihan. Namun, mengadakan pertemuan makan malam atau makan siang dengan frekuensi yang tinggi harus dilaporkan.
• Biasanya, karcis pertunjukan atau pertandingan olah raga bisa diterima, untuk Anda dan pasangan Anda atau anggota keluarga yang lain.
TSaya tengah menyelesaikan kontrak penting dengan seorang pemasok yang baru saja mengirimi saya hadiah yang mahal. Bagaimana caranya untuk membedakan antara hadiah dan suap dan haruskah saya menerimanya?
JPemasok tersebut mungkin beritikad baik tetapi penilaiannya kurang baik, terutama mengenai waktu yang dipilih untuk memberikan hadiah tersebut. Penting bagi Anda untuk memberitahukan setiap tawaran jenis ini. Anda harus mengembalikan hadiah tersebut ke pemasok dan menjelaskan kebijakan kita. Kadang-kadang sulit untuk membedakan antara hadiah dan suap. Suap biasanya ditawarkan secara sembunyi-sembunyi, sedangkan hadiah secara terbuka sebagai tanda itikad baik. Hadiah dimaksudkan untuk mengakui dan meningkatkan hubungan bisnis sementara suap menciptakan kewajiban di pihak si penerima.

at 2:33 PM  

0 comments:

Post a Comment